Tutorial Penggunaan I-Kios Indomaret

by 09.32 0 komentar
Nama Kelompok 3        :
1.      I Made Wira Marta Cahyadi               (1504505010)
2.      Nada Hadi Yumna                              (1504505012)
3.      Gde Angga Pratama Nugraha             (1504505013)
4.      I Nyoman Adi Triginarsa                    (1504505026)
Tema                   :
TEKNOLOGI INFORMASI
Judul                   :
TUTORIAL PENGGUNAAN I-KIOS
Latar Belakang             :
Indomaret merupakan salah satu mini market retail yang berkembang di berbagai pelosok tanah air. Indomaret menjual berbagai kebutuhan pokok, mulai dari makanan, minuman, perabotan rumah tangga, hingga penjualan pulsa elektronik. Konsep efisien indomaret dengan system swalayan dan pelayanan cepat, serta efektif saat melakukan transaksi pembayaran merupakan salah satu keunggulan indomaret dibandingkan dengan mini market pesaingnya, selain harganya yang lebih terjangkau dan kelengkapan produknya. Khusus transaksi pembelian pulsa elektronik, Indomaret mengembangkan I-Kios untuk membantu mekanisme transaksinya melalui system informasi online. Konsep ini dikembangkan untuk menjawab keluhan para konsumen karena lambatnya pelayanan oleh kasir dan kesalahan kasir dalam menginput nomor telephone konsumen.
Penggunaan I-Kios merupakan terobosan baru dengan pemanfaatan sistem informasi yang sederhana namun menjadi sangat bermanfaat untuk membantu beberapa transaksi, salah satunya pulsa telephone menjadi lebih efisien. Kelebihan penggunaan I-Kios ini, antara lain, memperkecil resiko kesalahan dalam menginput nomor, mempermudah dan mempercepat transaksi pembayaran di kasir tanpa biaya tambahan, serta mudah dijangkau masyarakat. Konsumen lebih efisien dalam melakukan transaksi dimana setelah menginput akan keluar sebuah nota berisi barcode dan langsung di serahkan ke kasir.
Konsep I-Kios pada dasarnya mengambil konsep transaksi online melalui ATM digabungkan dengan system minimart indomaret yang bersifat retail dengan menggunakan barcode dan mudah dijangkau masyarakat, dibandingkan dengan ATM yang jumlahnya lebih terbatas. Konsep transaksi online I-Kios akan sangat membantu masyarakat untuk mengadakan transaksi-transaksi, salah satunya transaksi pembelian pulsa dengan membuatnya lebih efisien dan mengurangi resikonya.
 Konsep I-Kios sebenarnya sudah sangat berkembang di negara-negara maju seperti Jepang, Inggris, Amerika dan negara-negara maju lainnya. Konsep I-Kios ini akan sangat membantu masyarakat apabila dipahami dan diterima secara seutuhnya oleh masyarakat. Oleh sebab itu, pembuatan tutorial mengenai pemahaman konsep I-Kios, dengan contoh transkasi pembelian pulsa handphone akan sangat bermanfaat bukan hanya untuk masyarakat, namun juga akan bernilai bisnis untuk owner Indomaret dalam rangka mengkampanyekan penggunaan I-Kios untuk meningkatkan omzet. Tutorial penggunaan I-Kios akan kami buat sederhana, dinamis dan mudah dipahami masyarakat awam, sehingga akan dapat bermanfaat dan diterima dengan mudah oleh masyarakat.
Tempat      :
Syuting video kami lakukan di salah satu Indomaret Uluwatu yang menyediakan fasilitas I-Kios.
Skenario Pembuatan Video    :
Dalam pembuatan video tutorial I-Kios, kami membawakannya dengan settingan seperti host TV dimana kami akan langsung berbicara kepada viewers apa latar belakang penggunaan I-Kios dan bagaimana cara menggunakan I-Kios Indomaret secara baik dan benar. Berikut ini adalah scene yang kami gunakan dalam skenario :
1.       Pada scene awal kami akan menampilkan logo acara TV dan memberikan shoot Indomaret Uluwatu kemudian dilanjutkan dengan perkenalan diri di depan Indomaret dimana Bagas sebagai pembawa acara opening video, Nada sebagai Stunman atau orang yang mempraktekan cara penggunaan I-Kios, Angga sebagai pembawa acara penutup video dan Adi sebagai kameramen.
2.      Kedua kami masuk ke Indomaret dan kami beracting dengan kasir Indomaret mengenai pembelian pulsa. Maksud kami disini adalah untuk menjelaskan latar belakang kami mengapa menggunakan I-kios.
3.      Ketiga, Nada akan memperagakan proses penggunaan I-Kios dan dilengkapi dengan penjelasan mengenai langkah-langkah yang di lakukannya.
4.      Keempat, Nada akan melakukan transaksi I-Kios dengan kasir dan melakukan tahap pembayaran dilengkapi bukti pulsa telah terkirim ke No. Hpnya Nada.

5.      Kelima, kami akan duduk di deretan kursi Indomaret dan memberikan kesimpulan mengenai langkah-langkah yang sebelumnya dilakukan Nada dan Angga akan melakukan scene closing.
Download > download
PPT > download

Adi Triginarsa

Developer

Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana yang simpel dan seorang gamers